Selasa, 07 Mei 2013

Haruskah Kita Patuh?

Patuh adalah suatu sikap menuruti, mengikuti, atau melakukan sebuah perintah atau nasihat yang diberikan seseorang - Adinda M Putri
Berapa kali sih dalam sehari seseorang memerintah ataupun memberi nasihat kepada kita? Cobalah sesekali kita menghitung nya, dan hitung juga seberapa sering kita patuuh terhadap perintah tsb!

Perilaku patuh sering sekali diabaikan apabila seseorang memberikan perintah yang menurut kita itu tidak penting. Padahal semua perintah atau nasihat itu pasti mempunyai manfaat atau kegunaan untuk diri kita. Misal nya saja ketika orang tua menasihati kita untuk tidak minum es karena sedang musim hujan. Namun kita malah meremehkan nasihat itu, sehabis olahraga kita membeli es dengan alasan kehausan. Keesokannya kita demam dan tidak bisa masuk sekolah.

UNTUK APA KITA HARUS PATUH?
Apa alasan kita mengerjakan pr? Mengapa kita membuang-buang waktu membantu orangtua padahal teman mengajak kita bermain? Mengapa kita harus minum obat ketika sedang sakit? Semua itu pasti dailakukan karena adanya perintah, bukan?
Selain karena sebuah perintah, kita melakukan hal-hal seperti diatas karena sebuah tuntutan atau kewajiban. Tapi tahukah kalian UNTUK APA KITA HARUS PATUH? patuh pada hakikat nya tergantung dari diri sendiri, jadi sebenarnya bukan mengapa kita harus patuh, tapi SEBERAPA PENTINGKAH PERINTAH ITU? Nah kalau perintah itu tidak penting alias gak punya manfaat mending tidak usah dilakukan walaupun ada sanksi nya. Buat apa seseorang atau lemabaga membuat peraturan yang ada sanksinya tapi tidak mempunyai manfaat? 

Selain perintah aturan juga harus dipatuhi. Yang namanya aturan sudah pasti bermafaat, sebagai alat pengatur tata kehidupan dan pengendalian sosial.  Jadi kalau ditanya HARUSKAH KITA PATUH PADA ATURAN? jawabannya YA.

0 komentar: